Selasa, 11 Desember 2007

Tips Sebelum membeli komputer

komputer sekarang sudah berbeda jauh ama kompie jaman dulu..masih inget dulu waktu masih kecil(imut2nya),waktu itu baru beli kompie pentium 2 plus printer canon Bjc1000SP,saat itu harganya...8.6jeti. dengan rincian 6jeti kompie,2.5 jeti printer.dan itu yang pertama dari satu kompleks saya,kalo di bandingi dengan kondisi sekarang, mungkin saya udah bisa dapet yang Quad Core pentium...
ni ada beberapa info bagi yang pengen beli kompie..

  1. kategorikan dirimu masuk orang yang golongan mana..apa pengen cuma buat ngetik,ato seorang gamers,ato pengen ngikuti jaman...
  2. Setelah itu kita memilih motherboard sesuai kebutuhan..termasuk socket yang akan digunakan, bisa masuk gak? inget socket utk processor AMD ama Intel beda.
  3. pilih processor yang akan dipake, kalo gamers disaranin make AMD, bisa dilihat di beberapa review majalah kalo AMD lebih jago, tapi biasanya cepet panas, tapi skrg dah agak lumayan.kalo intel emang lebih adem ayem aja.
  4. lalu pilih harddisk,butuh nyimpan data gede apa g?harddisk kecil juga gak papa tapi konsekuensinya harus sering burning data ke CD..kalo pengen.oh ya..liat juga kecepatan bacanya.
  5. lalu kita ke RAM ato Random Access Memory. jaman sekarang lebih disarankan make kompie dengan RAM minimal 512 Mb,maklum program sekarang berat2..bedain juga jenisnya, biasanya DDR2 lebih murah,juga kecepatannya, dan yang pasti garansinya (rata2 udah lifetime,cuma 'ngurusnya' itu...rada ribet)
  6. terakhir kita memilih VGA nya,kalo budget minim..pilih yang onboard aja.tapi kalo dompet tebel bisa juga yang gak onboard. secara kualitas banyak yang bilang Geforce(Nvidia)lebih baik dari Radeon(ATI)..tapi tergantung selera juga...ada juga yang bilang kalo ATI cucok ama AMD
  7. lalu kita ke monitor..budget tebel pilih LCD, soalnya gak makan tempat, selain itu juga bisa ngurangin mata cepet lelah..
  8. untuk peripheral yg laen pilih aja yang cocok, spt mouse keyboard dan yang laen2..
  9. dan yang paling akhir garansi perlu diperhatikan..biar lebih aman aja makenya....

kalo ada yang kurang ato butuh bantuan silahkan memberi comment...

Tidak ada komentar: